← back to the blog


Tips bikin puasamu jadi lebih maksimal

Posted on May 14th, 2019 in Seri Untung Maksimal by Mike

 

Buat kita yang tinggal di Indonesia, rata-rata waktu yang kita habiskan untuk menjalankan ibadah puasa adalah 13 jam 20 menit. Waktu ini termasuk cepat jika dibandingkan beberapa negara, seperti di Finlandia misalnya. Umat muslim disana menjalankan ibadah puasanya selama 23 jam lho, dan hal ini dapat terjadi karena di Finlandia matahari hanya membutuhkan waktu 55 menit dari terbit hingga tenggelam kembali.

Meskipun sudah termasuk cepat, beberapa orang masih harus berusaha keras agar dapat sampai di jam berbuka ketika maghrib. Untuk itu, Kioson akan kasih beberapa tips yang dapat membantumu melewati puasamu tanpa harus terlalu sering melihat ke arah jam, sebagai berikut:

  • Baca artikel atau buku ketika jam makan siang

Buat kamu yang sehari-hari bekerja di kantor atau kuliah, jam makan siang adalah jam paling menantang untuk dilewati. Hal ini karena tubuh terbiasa menerima asupan makanan pada jam tersebut. Nah, untuk menyiasatinya, setelah melakukan shalat, coba cari artikel atau bacaan dari buku untuk menambah ilmu pengetahuan kamu, akan lebih baik jika kamu membaca artikel atau buku tentang berpuasa itu sendiri atau ilmu keagamaan yang lain. 

Hal ini juga sangat bisa dilakukan oleh kamu yang memiliki usaha sendiri di rumah lho, ditengah waktu yang lengang, sempatkan melakukan baca ya. Selain kamu jadi semakin paham makna berpuasa, ilmu agama kamu juga akan semakin luas, sehingga setelah bulan puasa, kamu jadi pribadi yang lebih baik lagi.

  • Berbagi adalah bentuk peduli

Manusia selalu senang menerima sesuatu secara cuma-Cuma dari orang lain, apalagi jika bentuknya perhatian. Karena itu tepat sekali jika selama bulan puasa ini, kamu memberikan perhatian kepada orang-orang yang ada di sekitarmu dan bentuknya tidak harus mahal atau besar. 

Buka kontak di handphone kamu, dan kirimkan mereka ucapan selamat menjalankan ibadah puasa, selamat berbuka atau ucapan sahur yang kamu dapat temukan dengan mudah di internet. Kalau kamu memang memiliki niat dan waktu, kamu bahkan bisa membuat video ucapan sendiri melalui handphonemu, pasti ucapan darimu akan membuat teman-temanmu semakin bersemangat menjalankan ibadah puasa. Mereka senang, kamu dapat ekstra pahala, seru.

  •  Tidur siang

Jika kegiatanmu padat di hari itu, sempatkan untuk mengistirahatkan sejenak pikiranmu dengan tidur siang. Setelah salat zuhur dan membaca Quran atau artikel keagamaan, sempatkan tidur siang selama 20 menit, agar tubuh dapat kembali mengisi energinya untuk membantumu melewati hari puasamu dengan maksimal.

  •  Olahraga

Banyak orang beranggapan bahwa berolahraga selama bulan puasa tidak baik bagi tubuh, karena perut dalam keadaan kosong sepanjang hari. Tapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa olahraga selama bulan puasa justru dapat membantu tubuh tetap bugar lho, tapi harus diperhatikan jam melakukan olahraga dan jenis olahraga yang dilakukan. 

Coba lakukan olahraga 60 – 30 menit sebelum jam berbuka puasa, agar setelah melakukan olahraga kamu bisa langsung minum untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain cairan, kamu bisa langsung mengisi energi dengan makanan manis yang menjadi takjil kamu. Untuk jenis olahraga yang baik dilakukan selama berpuasa adalah olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang dan bersepeda, karena aktivitas yang dilakukan tubuh tidak terlalu berat tapi efektif untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

  • Internet adalah teman

Apapun bisa menjadi lawan atau kawan sesuai porsi yang kita berikan kepadanya. Selama bulan puasa ini, jadikan internet temanmu dengan melakukan kegiatan yang membantumu menjadi pribadi yang lebih baik dengan memilih konten atau aktivitas yang akan kamu lakukan di dunia maya. 

Sebuah riset oleh google pada tahun 2018, menunjukkan bahwa umat muslim di Indonesia senang menghabiskan waktu mereka di laman pencarian google dengan mencari konten yang berhubungan dengan agama. Terbukti dengan meningkatnya kata kunci pencarian tentang zakat, jadwal salat, bermacam-macam doa hingga resep masakan untuk berbuka dan sahur. 

Selain mencari konten religi pada laman Google, jumlah pengunjung laman youtube juga meningkat dengan kata kunci resep masakan, video komedi dan acara acara keagamaan. Tidak perlu takut lagi ada waktu kosong dan merasakan lapar, karena kamu bisa internetan dengan positif sambil menunggu waktu berbuka.

klik untuk video bermanfaat lainnya.

             Jika tips di atas menurutmu masih kurang banyak, jangan khawatir. Tinggal buka handphonemu, klik google dan ketik tips atau cara menjalankan ibadah puasa atau apapun kata kunci yang menurutmu pas. Kalau buat paket data yang pas menemanimu selama bulan puasa, Tri adalah pilihan yang pas buat kamu. Karena mereka sedang mengadakan promo DAHSYAT (klik di sini untuk detail) yang dapat kamu gunakan untuk mengisi waktu di tengah ibadah puasamu.

 Hanya dengan membeli pulsa mulai dari 50 ribu, kamu langsung, iya betul, langsung, gratis, otomatis dapat bonus paket internet 3 GB (berlaku kelipatan) yang kamu bisa gunakan sepanjang hari tanpa perlu takut paket utama kamu habis. Buruan mampir ke toko Kioson terdekat dari lokasimu, dan isi pulsa Tri biar kamu bisa langsung internetan dengan maksimal, Dahsyat kan. 

Semoga ibadah puasa kamu lancar terus ya, selamat beribadah.