← back to the blog


3 Trik Dekorasi Warung-mu Biar Makin Laris

Posted on December 10th, 2018 in Seri Untung Maksimal by Shindy

Sonners, 

Sebagai pengusaha warung, kunci paling penting untuk menyaingi si 'mini market' (atau warung sebelah yang udah lama jadi rivalmu itu hehe ...) adalah dengan melakukan inovasi. Kamu bisa mulai dengan mengevaluasi ulang harga jual yang kamu tentukan ke pelanggan atau menyiasati harga beli stok warungmu, lalu kamu bisa meningkatkan pelayanan warungmu. Kamu juga bisa melakukan survey ulang, siapa saja sih yang menjadi pelangganmu setiap hari. Tetangga, teman, tukang ojek yang lagi istirahat, atau anak-anak sekolahan. Terus apa biasanya yang paling sering mereka beli. Semua informasi tersebut kamu kumpulkan dan manfaatkan untuk membuat strategi berjualan yang baru.

Nah, masih ingat ungkapan "Jangan nilai buku dari sampulnya"? Memang betul sih kita tidak bisa menilai sesuatu dari sekali lihat saja. Tapi, bayangkan deh kalau warungmu gak nyaman dilihat, berantakan, semua jualannya numpuk kayak gudang. Gimana caranya kamu bisa membuat 'si pembeli' ini mampir?

Maka itu membuat warungmu makin bagus, rapih dan bersih itu menjadi action wajib biar kamu makin #UntungMaksimal.

Tapi ... bukannya itu butuh modal ya? Gak perlu kok, kamu hanya perlu berbenah dengan trik yang pintar. 

 

1. MEMAKSIMALKAN TAMPILAN DEPAN WARUNGMU

Warung boleh saja kecil tapi selalu ada 1001 cara untuk membuatnya jadi lebih menarik dengan memaksimalkan ruangan yang ada. Pertama, pajang papan nama tokomu sebagai identitas usahamu. 

Belum punya banner atau papan nama khusus karena biaya? Kamu tetap bisa pakai cara kreatif, kamu bisa buat sendiri di laptopmu (atau ke rental dekat rumahmu untuk minta tolong dibuatkan) dan print di percetakan dengan ukuran poster. Walaupun hanya warung kecil, setidaknya kamu harus buat orang-orang mengenal brand/usahamu. Melalui papan nama produk ini cara paling mudah agar usahamu dikenali orang. 

Setelah itu jangan lupa perhatikan kebersihan warungmu. Jangan sampai memberi kesan berantakan dari luar. Kalau mau modal sedikit, kamu bisa mengecat dinding warungmu dengan warna cerah (tapi jangan mencolok dengan warna neon atau menyakitkan mata) atau kamu bisa memilih warna aman seperti putih gading dan abu-abu. Benaran loh sedikit sentuhan seperti ini saja bisa bikin warungmu makin kece!

 

2.  MEMAJANG DAGANGAN DENGAN RAPIH 

Kedua, jangan asal-asalan menata barang dagangan yang kamu mau taruh di etalase depan. Tempatkan barang dagangan yang paling sering dicari pelangganmu. Secukupnya saja, tidak perlu semua stok kamu taruh di sana.

Lalu kamu bisa membuat rak menggantung untuk display dagangan di dinding warungmu. Selain hemat tempat dan juga membuat daganganmu lebih menarik. 

Misalnya, kamu punya Kios Pulsa, kamu bisa membagi prioritas dan mengelompokkan barang dagangan sesuai kategori. Di etalase depan kamu khusus menaruh stok pulsa (Voucher) dan aksesoris HP. Lalu, di pajangan belakang kamu bisa taruh gantungan, stiker pelindung HP, case HP. Sisanya, kamu cukup sediakan informasi tersebut di sebuah poster dan taruh gambar produknya di sana. Jadi lebih enak dan jauh dari kesan berantakan, kan?

 

3. ALOKASIKAN STOK DAGANGAN DI TEMPAT LAIN

Menumpuk stok barang daganganmu di depan warung tidak indah untuk dipandang. Jadi sebaiknya kamu mengalokasikan seluruh stok di tempat yang terpisah atau membuat rak tertutup untuk menyimpan stok barang-barangmu.

Catatan (khusus untuk pemilik Kios HP): kamu bisa bebas dari memikirkan 'tempat penyimpanan' ini karena dengan menjadi agen Kioson kamu bisa jualan tanpa perlu stok HP-nya. Selain itu kamu juga bisa mencoba jualan pulsa, token listrik, tiket dan produk lainnya yang tersedia di Kioson.

MAU UNTUNG MAKSIMAL HANYA DENGAN JUALAN DENGAN KIOSON? BACA CARANYA DI SINI

 3 Trik sudah dibagikan agar warungmu lebih menarik banyak pelanggan. Sekarang tinggal kamu praktikkan langsung ya :) Mari dekorasi warungmu!