← back to the blog


#3 Cerita Kios: Kios Kecil Disulap Jadi Minimarket!

Posted on December 14th, 2018 in Cerita Kios by Shindy

Di seberang PLN Kramat Jati ada sebuah toko Kelontong (Kios kecil) yang sering menjadi andalan warga di sekitarnya. Namanya Sinar Gaya, Kiosnya Bapak Suprapto.

 

Toko kelontong ini adalah warisan dari keluarganya, jadi sejak kecil Bapak Suprapto sudah terbiasa melihat keluarganya membuka usaha. Jadi melanjutkan usaha keluarganya bukan jadi sebuah keraguan dari Bapak Suprapto yang sudah bergabung dengan Kioson sejak November 2016.

“Dalam berbisnis itu kita harus selalu pede!” ujarnya saat ditanya soal tips berbisnis. Bapak satu ini senang sekali mengikuti acara komunitas karena ia senang berbagi pengalaman dan belajar hal baru terutama tentang bisnis. Dari pengalaman 8 tahunnya menjalankan usaha, dia memegang nilai bahwa siapapun pelanggannya harus disambut dengan baik.

Dengan pelayanan baik dan mengandalkan aplikasi Kioson khusus untuk transaksi online, Bapak Suprapto bisa meraih omset hingga puluhan juta tiap bulannya.

Tokonya sendiri bisa menyaingi mini market karena lengkap. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, sampai beli pulsa, bayar tagihan listrik dan air. Tetangga di sekitar rumahnya lebih senang membayar tagihan mereka di tempatnya karena buka setiap hari. Karena memakai Kioson penghasilan per bulannya bisa sampai ratusan juta.

Bapak Suprapto tetap semangat menjalankan usahanya meskipun keluarganya jauh di Lampung. Baginya, mereka adalah motivasi terbesar dia tetap percaya diri dan mencoba hal baru. Dia